17 April 2014

I AM SHERLOCKIAN

Ada yang pernah tau istilah Sherlockian?
Sherlockian adalah sebutan bagi para fans atau penggemar Sherlock Holmes.
Ada yang tau siapakah Sherlock Holmes itu?
Sherlock Holmes adalah tokoh detektif konsultan asal Inggris yang diciptakan oleh seorang penulis novel, bernama Sir Arthur Conan Doyle. Dalam novel tersebut diceritakan berbagai petualangan Sherlock Holmes dan sahabat karibnya John Watson dalam menyelesaikan berbagai kasus misterius yang sebagian besar merupakan kasus kriminal. Oh iya, John Watson adalah seorang dokter bedah sekaligus pensiunan militer yang selalu setia menemani Sherlock Holmes dalam menangani kasus-kasus tersebut.

Seperti judul postingan ini, I am Sherlockian. Yes, I am! Aku memang salah satu penggemar tokoh detektif konsultan tersebut. Awal aku jatuh hati dengan sosok Sherlock Holmes terjadi saat pertama kali aku menonton filmya (versi Hollywood) sekitar tahun 2009, tokoh Sherlock Holmes ini diperankan oleh aktor berkebangsaan Amerika, Robert Downey Jr. Sedangkan tokoh John Watson diperankan oleh aktor berkebangsaan Inggris, Jude Law.

Aku sangat tertarik dengan karakter, kepribadian, dan perilaku detektif jenius ini. Sejak saat itulah aku mulai membaca novel karya Sir Arthur Conan Doyle tersebut dan semakin aku membacanya, semakin aku tertarik dan larut dalam alur cerita novel tersebut.
I can't stop  reading every single page of cases and mysteries. So Interesting!
Sekitar tahun 2011 film Sherlock Holmes yang kedua "Sherlock Holmes: A Game of Shadows" telah rilis dan tentu saja aku tidak melewatkannya. Menurutku film kedua ini jauh lebih bagus dibandingkan film pertamanya. Scene favoritku adalah saat Holmes menyelamatkan Watson dan Marry di kereta yang mereka tumpangi menuju ke Brighton. Aku juga suka scene saat Watson menyelamatkan Holmes yang disandera oleh musuh bebuyutannya, Profesor James Moriarty dan berujung pada adegan kejar-kejaran antara kawanan Holmes dengan pasukan Jerman, saling baku tembak, bahkan kawanan Holmes juga sempat di bom oleh pasukan Jerman tersebut. Selain itu, adegan yang cukup mengagetkanku ialah saat Holmes memutuskan untuk bunuh diri bersama musuh bebuyutannya Professor Moriarty di depan kedua mata Watson :( sedih banget pas adegan ini!

Kegilaanku terhadap Sherlock Holmes tidak berhenti sampai di situ saja. Saat aku mengunjungi web tempat para sherlockian berkumpul, aku menemukan artikel "Sherlock BBC One". Sekilas seorang sherlockian menceritakan tentang Sherlok Holmes TV Series yang sangat hits di UK. Kalau biasanya cerita Sherlock Holmes selalu identik dengan suasana kota London di jaman dahulu (komunikasi jarak jauh menggunakan telegram, bepergian menggunakan kereta kuda, dan hal-hal jadul yang lainnya), Sherlock BBC ini sangat berbeda karena dikemas dalam suasana kota London pada jaman sekarang (berkomunikasi lewat telepon genggam, bepergian menggunakan London cap & tube, serta segala hal modern lainnya). Sontak aku langsung berpendapat bahwa itu bukan Sherlock Holmes yang biasanya. Karena penasaran, akhirnya aku memutuskan untuk menonton sekilas di youtube dan... Extraordinary! I Love it a lot!
Para tokoh dalam Sherlock BBC ini diperankan oleh aktor dan aktris berkebangsaan Inggris. Tokoh Sherlock diperankan oleh Benedict Cumberbatch dan tokoh John diperankan oleh Martin Freeman. Sherlock The Series ini ternyata sudah tayang sejak tahun 2010 dan sudah mencapai season 3 tahun ini. Uniknya, tiap season hanya dibuat 3 episode saja tapi per episode berdurasi sekitar 2 jam. Hehehe... tontonan yang cukup berat dan perlu konsentrasi ekstra lho, tapi justru di situlah sisi menariknya dan aku tidak pernah bosan mengikuti cerita di tiap episodenya. Malah ketagihaaaaannn! Nagiiiiihhh! dan nggak wajaaarr!

By the way, it isn't about Robert Downey Jr or Benedict Cumberbatch who play a role as Sherlock Holmes. It's because personality of Sherlock Holmes it self that made me in love with him. The way he thinks, the way he speaks, and the way he moves is so amazing. Unbelievable super smart and clever. His blunt personality will hurts you like heaven, cool as the iceman and his weirdness melts me. He's just different :| Well, I'm pathologically addicted to Sherlock Holmes and it's getting a bit scary now.

Tuuhh kaann nggak wajar -_-'
Tapi aku masih sadar kok kalau Sherlock Holmes itu tidak nyata, hanya tokoh fiktif belaka.

Bagi kalian yang penasaran bagaimana serunya Sherlock TV Series, silahkan mampir ke link di bawah ini:
http://www.free-tv-video-online.me/internet/sherlock/

Dan yang penasaran dengan petualangan Sherlock Holmes versi layar lebarnya, silahkan mampir ke link di bawah ini:
http://www.free-tv-video-online.me/search/?q=Sherlock%20Holmes&md=movies 

I hope you guys enjoy it and Happy watching :)

1 comment:

Nabila said...

Aaaa. Aku juga suka sherlock yg series. Cara benedict menghayati perannya. I do really in love with Sherlock ❤ Beneditc too :'v